Home / Kucing / Apakah Kucing Asian Semi-longhair Sama Dengan Kucing Burmilla?

Apakah Kucing Asian Semi-longhair Sama Dengan Kucing Burmilla?

Kucing Asian Semi-Longhair Unik Lucu

Kucing Asian Semi-longhair (Sumber : Alexanderbazo)

Pecintahewan.ID – Apabila anda tahu tentang Kucing Burmilla, maka anda pasti akan merasa bahwa Kucing Asian Semi-longhair mirip dengan kucing Burmilla. Bedanya hanyalah kucing Burmilla memiliki bulu yang pendek, sedangkan kucing jenis Asian Semi-longhair memiliki bulu yang panjang. Karena kemiripannya tersebut, kucing ini disebut juga sebagai kucing Burmilla semi-longhair atau kucing Burmilla Longhair. Ada beberapa pecinta kucing yang menyebut kucing satu ini sebagai kucing Tiffanie. Kucing Burmilla sendiri merupakan kucing dari hasil persilangan antara kucing Burmese dengan kucing Chinchila atau kucing Persia.

Sedangkan kucing Tiffanie adalah kucing dengan ukuran sedang yang memiliki bulu sangat halus dan juga lembut. Di bagian leher kucing Tiffanie terdapat bulu yang panjang seperti surai singa. Bulu yang ada di ekornya juga panjang dan juga lembut. Secara keseluruhan, Kucing Tiffanie merupakan campuran dari Kucing Burmese dan Kucing Chinchila. Ciri khusus dari Kucing Chinchila adalah adanya warna gelap di sekitar mata sehingga terlihat seperti maskara mata.

Kucing Asian Semi-longhair pertama kali muncul pada tahun 1980an dari program perkembangbiakan. Saat pertama kali dikembangbiakkan, dari kucing Burmillla yang membawa gen kucing bulu panjang yang resesif dari kucing Chinchila hingga lama-kelamaan muncul anak kucing dengan bulu yang panjang. Dahulu kucing dengan bulu panjang ini tidak terlalu diperhatikan dan tidak dianggap penting oleh breeder karena memang kucing tersebut tidak memiliki karakteristik seperti Kucing Burmilla.

Namun beberapa breeder tetap berusaha untuk mengembangbiakkan Kucing Burmilla yang memiliki bulu panjang. Usaha tersebut akhirnya berhasil dan membuat kucing tersebut menjadi populer. Akhirnya di tahun 1991 kucing tersebut mendapatkan status “pendahuluan” dari GCCF dan akhirnya mendapatkan status “championship” yang berarti sudah boleh diikut sertakan ke dalam lomba-lomba setelah tahun 1999 mendapatkan status “pengawasan”.

BACA JUGA : Perbedaan Antara Jenis Kucing Kampung dan Kucing Ras

Walaupun namanya adalah Kucing Asian Semi-longhair, kucing ini tidak dikembangbiakkan di Asia, namun di Eropa dan juga Amerika. Kenapa disebut juga sebagai Kucing Tiffanie? Karena kucing ini mirip dengan Kucing Australlian Tiffanie, bahkan dikatakan bahwa kedua jenis kucing yang berbeda ini memiliki nenek moyang yang sama. Namun entah kenapa lama kelamaan kucing ini menjadi dua ras yang berbeda. Entah karena skema persilangan yang berbeda, tempat pembiakan yang berbeda atau lain sebagainya, tidak ada yang tahu pasti alasannya seperti apa.

Jika anda tertarik untuk memeliharanya, anda harus menyiapkan waktu ekstra untuk merawatnya. Karena kucing ini memiliki bulu yang panjang, ia memerlukan perawatan khusus agar bulunya tidak kusut dan tidak banyak rontok. Anda juga harus rajin memandikannya karena kotoran mudah menempel pada bulunya yang panjang. Grooming lah kucing ini dengan rajin dan teratur agar bulunya selalu lembut dan juga halus, jangan sampai malas untuk merawatnya.