Home / Unggas / Ciri- Ciri Burung Trulek Jawa

Ciri- Ciri Burung Trulek Jawa

Burung Trulek Jawa Unik Indah Langka

Burung Trulek Jawa (Sumber : Duade Paton)

Pecintahewan.ID – Ada banyak jenis burung yang ada disekitar kita, salah satu jenis burung yang banyak ditemui di sekitar kita adalah jenis burung lahan basah. Kita bisa menjumpai burung lahan basah karena masih banyak rawa- rawa, sawah, hutan mangrove yang ada di sekitar kita, namun jika lahan basah tersebut hilang maka keberadaan burung basah tersebut juga akan hilang. Salah satu burung yang suka hidup dilahan basah adalah burung Trulek Jawa. Burung ini dikenal juga dengan nama Vanellus Macropterus. Burung ini bisa dijumpai dipulau Jawa, namun keberadaannya sekarang mulai langka dan hampir punah. Burung ini memiliki ukuran 27 hingga 29 cm, memiliki kepala hitam dan kaki yang panjang kekuningan.
Keberadaan Trulek Jawa semakin krisis, maka tidak heran sejak lama burung ini dilarang ditangkap oleh masyarakat.

Burung trulek Jawa masuk dalam spesies V. macropterus. Burung ini berasal dari suku Charadriidae, pada tahun 1994 pernah dinyatakan punah, maka tidak heran keberadaan burung satu ini tidak pernah terlihat lagi. Burung satu ini terakhir terlihat pada tahun 1940 di Delta Ci Tarum. Burung Trulek Jawa bisa anda ketahui dengan melihat ciri- ciri berikut ini :

BACA JUGA : Berbagai Jenis Burung Alap-Alap Yang Ada di Indonesia dan Sekitarnya

  • Memiliki ukuran tubuh 28 cm, dengan bulu yang berwarna coklat keabuan dengan kepala berwarna hitam, bagian punggung berwarna coklat, bagian dada berwarna coklat keabuan, warna perut hitam, memiliki warna tungging yang putih.
  • Burung Trulek ini juga memiliki bulu sayap terbang yang berwarna hitam, memiliki ekor putih dengan adnaya garis subterminal hitam lebar.
  • Anda juga akan melihat “taji” hitam pada bagian lengkung sayap. Memiliki warna iris yang coklat, memiliki paruh berwarna hitam, memiliki tungkai hijau kekuningan dan jingga.
  • Selain itu burung ini juga memiliki gelambir putih kekuningan yang ada diatas paruhnya.
  • Penting diketahui bahwa burung satu ini hidup secara berpasangan di padang rumput terbuka yang ada di pantai utara Jawa Barat juga Jawa Timur.

Burung Trulek Jawa merupakan burung endemic yang mengkonsumsi makanan seperti kumbang air, larva serangga, biji- bijian yang berasal dari tumbuhan air, juga memakan siput. Burung satu ini sangat menyukai tempat atau lahan yang berair, seperti sungai, rawa- rawa, muara sungai, sawah. Walaupun hidup di lahan yang berair, tetapi burung ini tidak menyukai air, mereka sering terlihat bertengker diatas bebatuan, diatas rumput, diatas dahan yang kering, dan lainnya. Berikut ini adalah hutan atau daerah yang pernah dijumpai Burung Trulek Jawa, antara lain Hutan Sawangan yang berada di Petungkriyo Pekalongan, Hutan Ungaran yang ada di wilayah Semarang, Lumajang yang ada di Jawa Timur, dan Taman Nasional Meru Betiri yang ada di Jember Jawa Tengah.