Home / Reptil / Ciri-ciri, Habitat, dan Beberapa Fakta Unik tentang Hewan Reptil Komodo

Ciri-ciri, Habitat, dan Beberapa Fakta Unik tentang Hewan Reptil Komodo

Reptil komodo Unik Langka

Reptil Komodo (Sumber : Ashley Brown)

Pecintahewan.ID – Hewan Reptil Komodo atau biasa dikenal dengan nama Biawak komodo ini merupakan spesies kadal yang terbesar di dunia. Komodo merupakan salah satu hewan yang masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi di Indonesia, Bahkan ada pula pemerintah yang menjadikan sebuah pulau sebagai habitat hewan reptile ini. Tentunya anda sudah pernah mendengar nama pulau tersebut walau anda belum pernah mengunjunginya. Pulau tersebut diberi nama Pulau Komodo. Letaknya ada di kepulauan Nusa Tenggara. Selain di Pulau Komodo, ada pula Taman Nasional Komodo yang digunakan sebagai habitat sekumpulan Komodo Komodo yang ada di Indonesia. Anda juga bisa dengan mudah menjumpai Komodo di berbagai kebun binatang, tak sedikit kebun binatang di Indonesia yang memelihara Komodo.

Karena tubuhnya yang terbilang raksasa daripada jenis kadal yang lainnya, hewan reptile komodo ini menjadi hewan yang ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Komodo ini bisa tumbuh dengan berat badan 70 kilogram dan panjang maksimal 2 meter hingga 3 meter. Namun komodo komodo yang dipelihara bisa memiliki tubuh yang lebih panjang dan lebih berat. Bahkan panjangnya bisa mencapai 3 meter lebih dengan berat badan 166 kilogram. Ekor Komodo lancip dan sama panjangna dengan panjang tubuhnya. Gigi komodo sangatlah banyak.

BACA JUGA : Karakteristik Hewan Reptil Kura-kura Alligator Snapping (Macrohelys Temminckii)

Ada sekitar 60 buah gigi dengan panjang kurang lebih 2,5 cm. Komodo memiliki lidah yang panjang. Warnanya kuning dan bercabang. Antara komodo jantan dan betina, komodo muda dan komodo muda terdapat perbedaan. Komodo betina berukuran lebih kecil dibandingkan Komodo jantan. Komodo betina berwarna hijau buah zaitu, sementara Komodo jantan berwarna abu abu gelap atau merah bata. Untuk Komodo muda, terdapat bercak warna kuning, hijau maupun putih dengan warna hitam sebagai warna dasarnya.

Hewan Reptile Komodo tidak memiliki telinga, namun ia tetap bisa mendengar suara sejauh 300 dari posisinya. Komodo ini tidak dapat menggunakan indra penglihatannya pada malam hari dengan baik. Santapan favorit Komodo adalah burung dan telurnya, hewan mamalia kecil, monyet, babi hutan, kambing, rusa, kuda, dan juga kerbau. Tak hanya itu, Komodo ini juga memangsa Komodo lain yang tubuhnya berukuran lebih kecil. Oleh karena ini, Komodo dikenal di sebagai hewan yang menyendiri dan hanya akan berkumpul pada saat akan berkembang biak saja. Hewan Reptile yang biasa tinggal di darat dan di air ini memiliki banyak keahlian. Ia mampu berenang di perairan sedalam 4,5 meter, berlari dengan kecepatan 20 km per jam, dan juga memanjat pohon untuk mencari mangsa. Walau bisa bertahan hidup di air, Komodo lebih menyukai tinggal di daratan yang panas dan juga kering. Tak jarang Komodo yang menggali lubang hingga 3 meter dalamnya untuk tempat berlindung dan juga tempat untuk beristirahat.