Home / Ikan / Jenis Ikan Hias Belida, Ikan Unik Untuk Dipelihara

Jenis Ikan Hias Belida, Ikan Unik Untuk Dipelihara

Ikan Hias Belida Unik Indah

Ikan Hias Belida (Sumber : Bárbol)

Pecintahewan.ID – Jenis Ikan Hias Belida merupakan jenis ikan air tawar unik yang dapat anda pelihara di akuarium rumah anda. Jika anda suka mengoleksi ikan hias, maka Ikan Belida ini tidak boleh terlewatkan. Warna tubuh ikan belida tidaklah secantik ikan-ikan hias yang lain, dan pergerakannya pun tidak seaktif ikan hias pada umumnya. Namun, bentuk yang dimiliki oleh tubuh ikan ini bisa membuat anda menginginkan ikan ini, karena bentuknya unik menyerupai pisau. Bentuk tubuhnya mengecil ke depan, sehingga berbentuk seperti pisau besar yang digunakan untuk memotong daging. Jika anda sudah memiliki ikan berwarna cantik di akuarium anda, maka akan pas jika anda juga memelihara ikan ini sebagai pelengkap dan menyeimbangkan jenis ikan yang anda pelihara.

Ikan Hias Belida termasuk dalam salah satu ikan yang langka, sehingga anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan ikan ini. Namun, anda bisa membeli ikan belida kecil yang harganya tidak semahal ikan dewasa, dan kemudian ikan kecil ini bisa dipelihara hingga menjadi ikan dewasa.
Ikan Belida atau sering juga disebut dengan Knife fish, merupakan ikan yang tergabung dalam Famili notopteridae dengan nama binomial chitala lopis. Panjang ikan ini cukup mengesankan, yaitu 50 hingga 60 cm untuk ikan dewasa, dan sekitar 10 cm untuk ikan belida yang masih kecil. Awal mula ditemukannya Ikan Belida yaitu berada di perairan tawar Afraka dan Asia, tepatnya di perairan Asia Tenggara. Ikan ini tergolong ikan karnivora, memakan beberapa makhuk hidup kecil seperti udang dan ikan kecil. Untuk jenis Ikan Hias Belida dewasa, ikan ini dapat memakan katak dan beberapa ikan kecil.

BACA JUGA : Ragam Jenis Ikan Hias Belida

Untuk mendapatkan jenis Ikan Hias Belida cukup membutuhkan pengorbanan waktu, karena ikan ini bukan merupakan ikan yang aktif sehingga kita harus menunggu ikan untuk mau bergerak dan mendekati kail. Ditambah, ikan belida adalah jenis ikan yang lebih aktif di malam hari atau biasa disebut ikan nokturnal, sehingga untuk mengambil ikan ini harus dilakukan pada dini hari dan dengan kesabaran yang ekstra. Ikan Belida menyukai perairan yang tenang, sehingga dapat ditemukan di perairan tepi yang tidak deras alirannya dan terkadang bersembunyi di antara akar-akar pohon yang berada di tepi sungai. Ikan ini bukanlah ikan yang berkoloni, serta menyukai ketenangan, sehingga untuk memancingnya usahakan tidak terlalu menimbulkan suara. Ikan belida merupakan jenis ikan yang bertelur, dan telur yang dihasilkan biasanya akan mudah menempel pada suatu benda. Jika anda ingin membudidayakan ikan ini, maka anda harus menyediakan kayu papan maupun bambu sebagai tempat yang digunakan untuk menempelkan telur Ikan Belida ini.