Home / Reptil / Jenis-jenis Hewan Reptile Buaya Yang Ada di Indonesia

Jenis-jenis Hewan Reptile Buaya Yang Ada di Indonesia

Pecintahewan.ID – Hewan reptile buaya, sudah merakyat sejak dahulu kala. Keberadannya memang tersebar luas dimana mana, jadi tak heran jika hewan reptile ini cukup popular di kalangan masyarakat. Buaya merupakan hewan reptile yang hidup di air. Badannya beraneka macam, mulai dari anakan yang berbadan sangat kecil hingga tua dengan badan yang sangat besar. Biasanya para buaya menghuni sungai, danau, rawa dan berbagai tempat yang berair lainnya.

Walau sudah pernah mengetahui bagaimana bentuk badannya, namun tahukah anda sebenarnya apa makanan utama hewan reptile buaya ini? Buaya menjadikan hewan hewan bertulang belakang seperti ikan atau jenis hewan yang lainnya. Namun hingga saat ini, tak sedikit manusia yang tewas karena dimakan oleh buaya. Jadi bagi anda yang menemukan hewan ini anda perlu waspada, apalagi jika buaya ini dalam kondisi dengan lapar. Hewan reptile ini akan menjadi sangat bringas dalam mencari mangsa. Berikut beberapa jenis hewan reptile buaya yang sering dijumpai di Indonesian :

1. Buaya Irian (Crocoodylus Novaeguneae)

Buaya Irian Unik Langka

Buaya Irian (Sumber : Maxime Thué)

Sesuai dengan namanya, buaya ini hanya akan anda temui di Irian dan juga di Papua Nugini saja. Tubuhnya sedikit lebih kecil dibanding dengan buaya muara. Buaya yang berhabitat di air tawar ini berwarna hitam.

2. Buaya Kalimantan (Crocodylus Ranisus)

Buaya Kalimantan Unik Langka

Buaya Kalimantan (Sumber : Borneo Post)

Buaya yang berasal dari Kalimantan timur dan juga Kalimantan Selatan ini bertubuh mirip dengan buaya muara.

BACA JUGA : Cara Beternak Hewan Reptil Kura-Kura Mata Mata/Chelus fimbriatus

3. Buaya Siam atau Buaya Air Tawar (Crocodylus Siamensis)

Buaya Siam Unik Langka

Buaya Siam (Sumber : Tontan Travel)

Tak hanya ayam saja ya yang bernama ayam Siam. Buaya pun juga ada yang bernama buaya Siam. Buaya ini bisa anda temukan di wilayah Jawa maupun Kalimantan. Namun tak hanya di Indonesia, anda juga bisa menemukan buaya ini di Negara Vietnam, Thailand, Malaysia, Laos dan juga Negara Kamboja.

4. Buaya Sahul (Crocodylus Novaguineae)

Buaya Sahul Unik Langka

Buaya Sahul (Sumber : Wikipedia)

Buaya ini hanya akan anda temui di kawasan pedalaman wilayah Papua di bagian sebelah selatam. Moncongnya sangatlah berbeda dari buaya buaya Irian atau Papua pada umumnya. Moncong buaya sahul ini lebih tebal dan juga lebih kasar, cenderung mirip dengan Alligator (Alligatoridae).

5. Buaya Muara (Crocodylus Porosus)

Buaya Muara Unik Langka

Buaya Muara (Sumber : Kieran Palmer)

Buaya muara merupakan jenis buaya yang paling sering ditemukan di Indonesia. Jenis buaya ini merupakan hewan reptile paling besar, paling panjang, dan paling ganas dibandingkan dengan jenis buaya yang lainnya.

6. Buaya Mindoro (Crocodylus Mindorensis)

Buaya Mindoro Unik Langka

Buaya Mindoro (Sumber : Brian Gratwicke)

Dulunya buaya ini merupakan salah satu jenis buaya Irian. Namun sekarang sudah tidak lagi. Anda bisa menemukan buaya jenis ini di wilayah Sulawesi bagian timur maupun di wilayah Sulawesi bagian Tenggara.

7. Buaya Senyulong (Tomistoma Schlegelii)

Buaya Senyulong Unik Langka

Buaya Senyulong (Sumber : Saurav Ranjan)

Buaya ini merupakan buaya paling unik di antara buaya buaya yang lainnya. Moncongnya jauh lebih sempit dan juga lebih panjang. Buaya ini tinggal di wilayah Sumatra, Kalimantan dan juga Jawa.