Home / Anjing / Kelebihan Anjing Jenis Kampung Dibandingkan Anjing Ras Murni

Kelebihan Anjing Jenis Kampung Dibandingkan Anjing Ras Murni

Anjing Kampung Unik Kuat

Anjing Kampung (Sumber : Pixabay)

Pecintahewan.ID – Campuran dari berbagai ras anjing atau mix breed di Indonesia disebut juga sebagai Anjing Jenis Kampung. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara anjing ras murni dengan Anjing Jenis Kampung. Tingkat kecerdasan dan juga kesetiaannya sama, tidak ada yang berbeda. Semua tergantung dari kasing sayang dan pelatihan yang diberikan. Bahkan anda tidak perlu membeli atau mengadopsi anjing dari toko ataupun tempat penampungan anjing karena anda bisa mengadopsi Anjing Kampung yang ada di jalan. Anjing-anjing yang ada di jalan biasanya kurang kasih sayang dan juga kurang makan, makanya banyak anjing yang terlihat sangat kurus dan tidak mau dekat-dekat dengan manusia. Dengan mengadopsi Anjing Kampung yang ada dijalan, anda sudah menyelamatkan anjing ini yang tidak pernah merasakan kasih sayang dari siapapun sebelumnya. Tak jarang Anjing Kampung dari kecil sudah di tinggal oleh induknya dan hingga dewasa ia hidup sendiri.

Anjing Jenis Kampung bukan berarti anjing tersebut jelek, dekil dan menyebalkan. Itu hanyalah julukannya saja. Bila anda merawatnya dengan baik, memberi makan dengan kandungan gizi yang cukup serta rajin memandikannya, ia tidak ada bedanya dengan anjing ras murni dengan harga selangit. Jika anda menginginkan anjing, anda bisa mengadopsi Anjing Kampung yang ada di jalan. Jangan sampai anda membeli anjing ras murni hanya karena malu dan gengsi semata. Apalagi merawat Anjing Kampung tidaklah rumit, mereka hanya perlu diberi makan dan dimandikan secara rutin. Anda tidak perlu menyisir rambutnya ataupun hal lainnya. Karena memang Anjing Kampung tidak memerlukan perawatan khusus seperti anjing ras murni.
Jika anda masih ragu-ragu dalam memilih Anjing Kampung, berikut adalah kelebihan yang dimiliki Anjing Jenis Kampung bila dibandingkan dengan anjing ras murni :

BACA JUGA : Sejarah Anjing Jenis Pug Asal Tiongkok Yang Mendunia

  • Daya Tahan Tubuh Tinggi
    Anjing-anjing besar seperti Husky dan Doberman saja memiliki daya tahan tubuh yang rendah, apalagi anjing dengan ukuran yang lebih kecil. Padahal Anjing Kampung walaupun tidak sebesar Husky atau Doberman, ia memiliki daya tahan tubuh yang sangat tinggi. Tidak mudah sakit dan biasanya tidak memiliki alergi. Karena pada dasarnya Anjing Kampung adalah anjing yang dilahirkan untuk hidup di alam liar.
  • Memiliki Keberanian
    Ia tidak memiliki rasa takut terhadap hewan atau anjing apapun. Bahkan terhadap anjing yang lebih besar darinya. Di kampung-kampung yang ada di Indonesia, ia masing sering dijadikan anjing pemburu untuk berburu babi hutan dan hewan lainnya karena sifatnya yang pemberani itu.
  • Tidak Ada Perawatan Khusus
    Bulunya pendek maka tidak perlu shampoo khusus dan tidak perlu sering-sering disisir. Tidak perlu makanan khusus ataupun perlakuan khusus untuk Anjing Kampung. Asal makanannya memiliki gizi yang cukup dan diberi makan 2-3 kali dalam sehari, itu sudah cukup.