Home / Ikan / Memelihara Jenis Ikan Hias Checker Barb (Puntius Oligolepis)

Memelihara Jenis Ikan Hias Checker Barb (Puntius Oligolepis)

Ikan Hias Checker Barb Unik Indah

Ikan Hias Checker Barb (Sumber : Azgardens)

Pecintahewan.ID – Bagi anda yang memiliki hobi koleksi ikan hias, maka anda tidak akan melewatkan jenis Ikan Hias Checker Barb (Puntius Oligolepis). Ikan ini merupakan salah satu ikan yang dijadikan sebagai kebanggan Indonesia, karena hanya dapat ditemukan di perairan sekitar pulau Sumatera. Ikan Hias Checker Barb sudah dibudidaya dengan pesat di Indonesia, ada beberapa yang sudah diekspor ke luar negeri seperti Amerika dan Eropa. Untuk memelihara ikan ini tidak dibutuhkan usaha yang terlalu besar, karena di samping ikan ini mudah untuk didapatkan, Checker Barb jenis ikan yang mudah untuk dipelihara karena ikan ini mudah beradaptasi.

Jenis Ikan Hias Checker Barb (Puntius Oligolepis) merupakan ikan yang berada dalam famili Cyprinidae. Keunikan yang dimiliki ikan ini yaitu kepala yang dapat digerakkan ke bawah pada saat mencari makanan. Warna yang dimiliki ikan ini beraneka ragam, namun ciri khasnya adalah warna yang sedikit kemerahan. Selain warna merah, ikan ini juga memiliki warna silver atau perak, sehingga akan terlihat semakin cantik jika terkena sinar lampu karena warna pada ikan ini akan mudah untuk memantulkan cahaya dan akan terlihat mengkilap.

BACA JUGA : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Budidaya Jenis Ikan Hias Black Tetra

Ukuran jenis Ikan Hias Checker Barb (Puntius Oligolepis) cenderung kecil, yakni sepanjang 5 cm untuk Checker Barb dewasa. Checker Barb merupakan ikan omnivora yang biasa memakan hewan-hewan kecil di sugai seperti udang kecil, ikan kecil, cacing, dan binatang sejenisnya, serta beberapa tumbuhan kecil. Cara hidup Checker Barb yang berkoloni atau berkelompok dapat memudahkan dalam pemeliharaan, dan ikan ini juga jenis ikan yang berdamai dengan spesies yang lain. Untuk memelihara ikan ini, suhu yang diperlukan untuk akuarium adalah suhu kamar yaitu sekitar 24 hingga 26 derajat celcius. Dengan suhu demikian hangat, maka ikan ini merupakan ikan yang terbiasa hidup di daerah tropis seperti di Indonesia, dan akan sulit dibudidaya di daerah dingin seperti di Amerika maupun Australia.

Air yang dibutuhkan untuk hidup hewan ini pun air netral dengan sedikit tingkat keasaman, tepatnya pada pH 6 hingga 6,5. Dari beberapa penjelasan dan referensi mengenai Ikan Hias Checker Barb ini, maka dapat disimpulkan bahwa cara pemeliharaannya tergolong mudah. Untuk makanan ikan, anda cukup memberikan beberapa cacing kecil atau tumbuhan kecil saja. Terkadang ikan ini pun juga menyukai pelet biasa. Perawatannya adalah cukup dengan menjaga kebersihan air akuarium dan sesering mungkin mengganti airnya. Selain perawatan yang mudah, harga ikan ini juga cenderung terjangkau karena ikan ini asli ikan Indonesia. Dan akan sangat menguntungkan untuk diekspor karena negara-negara besar banyak yang menyukai Ikan Hias Checker Barb yang ramah ini.