Home / Reptil / Penjelasan Tentang Hewan Reptil Gharial

Penjelasan Tentang Hewan Reptil Gharial

Reptil Gharial Unik Langka

Reptil Gharial (Sumber : Dave Bassett)

Pecintahewan.ID – Indonesia merupakan negeri yang terkenal kaya akan flora dan fauna. Berbagai macam flora dan fauna bisa anda temukan di Indonesia. Hampir seluruh hewan yang ada di berbagai Negara di dunia juga tinggal di Indonesia. Jadi anda tetap bisa menjumpainya, tak hanya lewat layar kaca saja. Hewan reptile merupakan hewan bertulang belakang yang terkenal berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya salah satunya yaitu  Hewan Reptil Gharial. Sebagian besar masyarakat takut jika bertemu dengan jenis hewan reptile berdarah dingin ini. Sudah terdapat banyak kasus tentang  tewasnya manusia manusia karena dijadikan santapan oleh hewan reptile. Menurut penelitian hewan reptile merupakan organisme pertama yang sanggup bertahan hidup di Negara Tropis.

Sisi tebal yang ada di sekujur tubuh mereka membuat mereka mampu bertahan hidup dalam cuaca panas maupun dingin. Hewan reptile ini tak hanya hidup di darat saja. Mereka mampu hidup di darat maupun di air. Saat mereka akan berburu mangsa, mereka akan pergi dan berenang ke perairan. Setelah itu mereka akan kembali lagi ke daratan. Walaupun keberadaannya sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lau, namun hingga saat ini keberadaan reptile masih sering di temukan. Begitu pula dengan hewan reptile Gharial.

Hewan Reptil Gharial merupakan salah satu Ordo Crocodilia. Ordo Crocodilian meliputi Buaya, Alligator, Caiman dan juga Gharial. Ada 23 spesies dari Ordo Crocodilian ini. Spesies spesies tersebut meliputi 13 spesies Buaya, 2 spesies Alligator, 6 spesies Caiman dan 2 spesies Gharial. Karena mereka berempat berasal dari satu ordo. Maka tak heran jika bentuk tubuh mereka mirip. Walau demikian, membedakan keempat jenis ordo tersebut tidaklah mudah. Ada beberapa perbedaan yang terletak pada bagian tubuh mereka.

BACA JUGA : Keunikan Hewan Reptil Kura-kura Malayan Softshell (Dogania Subplana)

Hewan Reptil Gharial merupakan Ordo Crocodilia yang perbedaannya sangat mencolok daripada 3 jenis ordo crocodilia lainnya. Jika buaya memiliki bentuk mulut cukup rucing menyerupai huruf V, maka gharial ini memiliki bentuk mulut yang jauh lebih runcing, yaitu nenyerupai huruf I. lain halnya dengan Alligator dan Caiman yang bentuk mulutnya melebar ke samping hingga menyerupai huruf U. Ikan adalah mangsa utama Gharial. Dengan bentuk mulutnya yang sangat runcing, Gharial dengan mudah dan cepat mencari ikan untuk dimakan.

Jika sudah mengetahui perbedaan bentuk mulut, kini yang harus anda ketahui adalah perbedaan susunan giginya. Buaya memiliki susunan gigi selang seling, ukuran rahang atas dan bawahnya sama, akan Nampak saat buaya menutup mulut. Alligator dan Caiman memiliki ukuran rahang atas dan bawah yang berbeda. Rahang atas Alligator dan Caiman cenderung lebih besar. Sedangkan untuk Gharial, giginya terlihat lebih runcing dan juga lebih ramping daripada 3 jenis Ordo Crocodilia yang lain.