Home / Reptil / Perbedaan Hewan Reptile Buaya Dengan Reptile Aligator/Caiman

Perbedaan Hewan Reptile Buaya Dengan Reptile Aligator/Caiman

Alligator Unik Langka

Alligator (Sumber : Sue Slick)

Pecintahewan.ID – Untuk mengenal lebih jauh tentang Hewan Reptile Buaya maupun Hewan Reptile Aligator/Caiman, anda perlu mengetahui bahwa di dunia, terdapat 13 spesies Buaya, 2 spesies Alligator dan 6 spesies Caiman. Walaupun berbeda spesies, namun bisa dikatakan mereka masih satu kelompok reptile, yaitu kelompok Crocodilae. Kelompok Crocodilae ini mulai ada sejak tahun 1934, namun hingga saat ini keberadaannya masih tersebar luas dan masih mudah ditemukan.

Hewan Reptile Buaya dengan Hewan Reptile Aligator/Caiman memiliki morfologi yang mirip sehingga bentuk tubuhnya sulit untuk dibedakan. Untuk itu anda perlu lebih mendalami dan lebih mengenal tentang hewan reptile ini. Walaupun bertubuh mirip, namun jika anda perhatikan, masih terdapat beberapa perbedaan diantara ketiganya.Jika buaya mampu tumbuh dan berkembang dengan panjang 7m dan berat badan 2 ton, lain halnya dengan Alligator maupun Caiman. Alligator akan tumbuh dengan panjang maksimal 5 meter dan berat badan 1 ton, sedangkan Caiman akan tumbuh dengan panjang maksimal 3 meter dan berat badan 170 kg.

Tubuh Caiman cenderung lebih kecil daripada tubuh Alligator, sisik yang melekat pada tubuh Alligator dan Caiman juga cenderung berbeda. Sisik Alligator terlihat lebih rata dibandingkan dengan sisik tebal Caiman. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada bentuk mulut, letak gigi dan juga kelenjar garamnya. Berikut perbedaan yang terletak pada bentuk mulut, letak gigi dan juga kelenjar garam Hewan Reptile Buaya maupun Hewan Reptile Aligator/Caiman :

BACA JUGA : Deskripsi Hewan Reptil Elongated Tortoise (Indotestudo elongata)

  • Jika anda perhatikan bentuk mulut ketiga hewan reptile ini, anda tentu melihat sedikit perbedaan. Buaya memiliki bentuk mulut seperti huruf V, mulutnya cenderung berbentuk lebih runcing, sedangkan hewan reptile Alligator dan Caiman memiliki bentuk mulut sepertu huruf U, mulutnya Alligator dan Caiman cenderung berbentuk melebar.
  • Perbedaan antara letak gigi Buaya, Alligator maupun Caiman sangatlah mencolok. Jika anda perhatikan, gigi gigi yang ada pada rahang atas maupun rahang bawah hewan reptile Buaya berukuran sama dan selang seling posisinya, maka saat menutup mulut, rahang Buaya akan tertutup rapat dan tak akan terlihat lagi gigi giginya. Gigi yang dimiliki Caiman lebih runcing dan lebih tajam daripada gigi gigi milik alligator, namun demikian rahang atas dan rahang bawah Alligator maupun Caiman sama sama berbeda ukuran. Rahang atasnya berukuran lebih besar daripada rahang bawahnya, maka saat menutup mulut, gigi gigi buaya di rahang atas akan dapat terlihat.
  • Tahukah anda jika buaya memiliki kelenjar garam? Berbeda dengan Alligator dan Caiman yang tak memiliki kelenjar garam, buaya ini memiliki kelenjar garam yang membantunya mengeluarkan garam yang berlebih dari tubuh mereka. Dengan demikian, Buaya ini mampu hidup di lautan luas, tak seperti Alligator atau Caiman.