Home / Kucing / Sejarah Munculnya Ras Kucing Australian Mist

Sejarah Munculnya Ras Kucing Australian Mist

Kucing Australian Mist Unik Lucu

Kucing Australian Mist (Sumber : Kitty.green66)

Pecintahewan.ID – Seperti namanya, Kucing Australian Mist berasal dari Australia, walaupun begitu kucing ini bukanlah kucing dari ras murni. Kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing Abussinian, kucing Burmese dan kucing lokal yang berbulu pendek. Jadi sudah dapat anda bayangkan bahwa kucing jenis Australian Mist memiliki bulu yang pendek. Yang pertama kali mengembangbiakkan kucing ini adalah Dr. Truda Straede tahun 1967. Ia mencoba menyilangkan kucing Abyssinian dengan kucing Burmese serta kucing domestik yang memiliki bulu pendek.

Tujuan dari pembiakkan kucing ini adalah agar bisa didapatkan jenis kucing yang memiliki bulu pendek dan juga pola warna bulu spotted. Namun terjadi dari pembiakan tersebut malah muncul pola warna lain seperti pola ticked dan classic tabby. Karena itulah kucing yang sebelumnya bernama Spotted Mist akhirnya berganti nama pada tahun 1988 menjadi Australlian Mist karena kucing tersebut tidak hanya memiliki pola warna spotted saja, ada warna lainnya. Perubahan nama ini terjadi ketika kucing muncul kucing hasil biakan yang tidak memiliki bulu dengan pola spotted.

Tahun 1977, penemu kucing Australian Mist, Dr. Truda Straeda mengajukan sebuah proposal kepada RASCC (Royal Agricultural Society of NSW Cat Control) agar kucing hasil biakannya, yaitu Australlian Mist mendapat pengakuan. Setelah 3 tahun, yaitu tahun 1980 akhirnya Australlian Mist diakui dan terdaftar menjadi kucing percobaan. Lalu di tahun 1986 RASCC mengubah status Australlian Mist dari “percobaan” menjadi “Grant Champion” dengan nama Spotted Mist.

BACA JUGA : Kucing Asian Bulu Panjang Dan Bulu Pendek

Kemudian tahun 1998 kucing ini mendapatkan status “Grant Championship” dari RASCC dan WNCA (Waratah State Cat Alliance) dengan nama Australlian Mist, akhirnya kucing ini dapat ikut dalam cat show ataupun lomba. Tahun 1999, ia mendapatkan status “Grant Championship” juga dari NZCF (New Zealand Cat Fancy), tahun 2004 mendapatkan status “Grant Championship” dari WCF (World Cat Federation) dan juga UFO (United Feline Organization). Yang terakhir, Australlian Mist mendapatkan status yang sama tahun 2011 dari GCCF (Governing Council of the Cat Fancy).

Walaupun tubuhnya pendek dan tidak terlalu panjang, ia memiliki pola bulu yang unik yaitu pola spotted, ticked atau bintik-bintik dan juga classic tabby seperti yang telah disebutkan di atas. Ia memiliki tingkatan pola bulu ground colour atau warna dasar, paler than pattern atau lebih pucat dari pattern dan juga pola bulu pattern atau lebih cerah dari warna dasar. Sifat kucing Australian Mist hampir sama dengan kucing Burmese dan juga Abyssinian, sehingga ia memiliki kecerdasan yang tinggi, senang berada dekat dengan manusia, sangat aktif dan juga ramah. Kucing ini juga termasuk kucing yang setia dengan pemiliknya, ia juga mudah dilatih.